Labels: jurnal
penelitian
Upaya Meningkatkan Proses Belajar dan Hasil Belajar Fiqih
melalui Pendekatan Active Learning pada Siswa Kelas III MINU Pucang Sidoarjo.
Oleh:
Asmaul Khusna
(MI Darul Huda, Gresik)
Sumber Jurnal:
Jurnal Penelitian Tindakan Kelas Pendidikan Agama Islam
Volume 01, Nomor 01, Juni 2010 Halaman 122 - 132. Jurnal Penelitian Tindakan
Kelas Pendidikan Agama Islam (JPTK-PAI) diterbitkan oleh Laboratorium
Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah IAIN Sunan Ampel Surabaya bekerjasama
dengan Madrasah Development Center (MDC) Kementerian Agama Wilayah Jawa Timur,
dan Asosiasi Guru Pendidikan Agama Islam (AGPAI) Jawa Timur.
Abstrak:
Keberhasilan proses pembelajaran di kelas sebagian
ditentukan oleh strategi pembelajaran. Oleh karena itu, setiap akan mengajar
guru diharuskan untuk menerapkan strategi atau metode tertentu dalam
pelaksanaan pembelajaran. Penelitian ini berdasarkan permasalahan, ”bagaimanakah
upaya peningkatan proses belajar dan hasil belajar siswa melalui pendekatan
active learning pada pelajaran Fiqih kelas III MINU Pucang Sidoarjo?”.
Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya peningkatan
proses belajar dan hasil belajar siswa setelah diterapkannya strategi
pembelajaran dengan pendekatan active learning pada pelajaran Fiqih kelas III
MINU Pucang Sidoarjo. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action
research) sebanyak dua putaran atau siklus. Setiap siklus terdiri dari empat
tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan refisi. Sasaran
penelitian ini adalah siswa kelas III. Data yang diperoleh berupa hasil tes
formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar. Dari hasil analis
didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I
sampai siklus III yaitu, siklus I (32,35%), siklus II (67,64%), siklus III
(97,05%). Simpulan dari penelitian ini adalah model pembelajaran active
learning dapat berpengaruh positif terhadap motivasi belajar siswa Kelas III
serta model pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternatif
pembelajaran Fiqih.
Kata kunci: Belajar Fiqih, Active Learning.
Metodologi Penelitian
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (classroom
action research), karena penelitian dilakukan untuk memecahkan masalah
pembelajaran di kelas. Penelitian ini juga termasuk penelitian deskriptif,
sebab menggambarkan bagaimana suatu teknik pembelajaran diterapkan dan
bagaimana hasil yang diinginkan dapat dicapai. Penelitian ini akan dihentikan
apabila ketuntasan belajar secara klaksikal telah mencapai 85% atau lebih. Jadi
dalam penelitian ini, peneliti tidak tergantung pada jumlah siklus yang harus
dilalui.
Tempat penelitian ini bertempat di MINU Pucang tahun pelajaran 2009/2010. Adapun waktu penelitian ini dilaksanakan pada bulan Maret – April semester genap 2009/2010. Sedangkan subjek penelitian adalah siswa-siswi kelas III sebanyak 34 orang.
Tempat penelitian ini bertempat di MINU Pucang tahun pelajaran 2009/2010. Adapun waktu penelitian ini dilaksanakan pada bulan Maret – April semester genap 2009/2010. Sedangkan subjek penelitian adalah siswa-siswi kelas III sebanyak 34 orang.
Rancangan penelitian
Sesuai dengan jenis penelitian yang dipilih yaitu
penelitian tindakan kelas, maka peneliti ini menggunakan model penelitian
tindakan dari Kemmis dan Taggart (Sugiarti, 1997: 8) yaitu berbentuk spiral
dari siklus yang satu ke siklus yang berikutnya. Setiap siklus meliputi
planning (rencana), action (tindakan), observation (pengamatan), dan reflection
(refleksi). Langkah pada siklus berikutnya perencanaan yang sudah direvisi,
tindakan, pengamatan, dan refleksi. Sebelumnya masuk pada siklus I dilakukan
tindakan pendahuluan yang berupa identifikasi permasalahan. Siklus spiral dari
tahap-tahap penelitian tindakan kelas dapat dilihat pada gambar:
Baca selengkapnya disini
Baca selengkapnya disini
Trimks contoh jurnalnya, semoga yang membuatnya diberikan panjang umur, mudah mendapatkan rizki dan keluarga yang di rumah dalam lindungan Allah Swt, amin
BalasHapus