Pengaruh Pemanfaatan Media Permainan Kartu Hitung
Terhadap Hasil Belajar Siswa Materi Ajar Operasi Hitung Campuran Mata Pelajaran
Matematika Kelas Iii Sdn Babat Jerawat I Surabaya
Zuhrotul Komariyah dan, Soeparno
Kurikulum dan Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas Negeri Surabaya
Kampus Lidah Wetan
Sumber Jurnal:
Jurnal Teknologi Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya
Volume 10 No. 1 April 2010, halaman 63 - 73.
Abstrak:
Matematika merupakan salah satu mata pelajaran yang
dianggap abstrak dan imajinatif, sehingga dalam proses pembelajarannya guru
dituntut untuk kreatif dalam memanfaatkan media pembelajaran. Pada studi
pendahuluan ditemukan permasalahan bahwa guru dalam mengajar hanya menggunakan
buku teks, sehingga siswa mengalami kejenuhan dalam belajar matematika. Kondisi
yang demikian berdampak pada hasil belajar siswa yang menurun, sehingga
peneliti mencoba mengatasi permasalahan tersebut dengan memanfaatkan media permainan
kartu hitung .Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana proses
pemanfaatan media permainan kartu hitung dan untuk mengetahui adakah pengaruh
yang signifikan antara pemanfaatan media permainan kartu hitung dengan
peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika kelas III SDN
Babat Jerawat I Surabaya.Hasil dari analisis observasi yang telah dilakukan,
diketahui bahwa proses pemanfaatan media permainan kartu hitung dengan sumber
data guru diperoleh hasil sebesar 84%, jika hasil tersebut dikonsultasikan
dengan kriteria maka tergolong baik sekali. Untuk data hasil observasi proses
pemanfaatan media permainan kartu hitung dengan sumber data siswa diperoleh
hasil sebesar 82, 5 %, jika hasil tersebut dikonsultasikan dengan kriteria maka
tergolong baik sekali. Sedangkan uji hasil tes diperoleh t hitung 14, 53 dengan
db = 40 – 1 = 39 dan taraf signifikan 5 % maka diperoleh t tabel 2, 021. Dari
perhitungan tersebut diketahui bahwa t hitung lebih besar dari t tabel yaitu
14, 53 > 2, 021. Maka data ini menunjukkan bahwa pemanfaatan media permainan
kartu hitung dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran
matematika pokok bahasan operasi hitung campuran kelas III SDN Babat Jerawat I
Surabaya.
Kata Kunci: Pemanfaatan media permainan kartu hitung,
hasil belajar
1. Pendahuluan
Matematika merupakan pelajaran yang sangat sulit,
meskipun ada yang menyenangi pelajaran itu. Segala cara dan usaha dilakukan
untuk dapat mewujudkan adanya pemahaman belajar yang baik pada mata pelajaran matematika.
Banyak usaha yang dilakukan oleh orang tua untuk membantu putra-putrinya agar
mampu menguasai operasi berhitung. Misalnya, mengikut sertakan putra-putrinya
mengikuti bimbingan belajar di sekolah, mendatangkan guru privat di rumah, dan
mengikutkan bimbingan di tempat kursus. Agar siswa dapat menerima dan memahami
operasi berhitung dengan baik, maka diperlukan usaha untuk menarik perhatian
siswa, salah satunya adalah dengan cara memanipulasi suasana pembelajaran dan
media pembelajaran. Dengan menerapkan pembelajaran yang menarik maka siswa akan
giat dalam belajar, sehingga kegiatan belajar yang diharapkan akan muncul dan
mencapai hasil yang baik pula.....................
Baca selengkapnya disini
Baca selengkapnya disini
Tidak ada komentar:
Posting Komentar